Rabu, 02 Juli 2014

Manajemen Waktu Mahasiswa

Bicara soal waktu , waktu sangatlah berharga . Waktu yang hilang tidak pernah bisa kembali.Kebanyakan dari kita hanya menghabiskan waktu dengan sia-sia dan akhirnya menyesal. Sebenarnya jika kita ingin mengatur kehidupan kita, merubahnya menjadi menyenangkan itu mudah saja, yang kita butuhkan adalah mengatur waktu kita sebaik-baiknya.

Pernah merasa tidak punya waktu untuk mengerjakan tugas kuliah?Atau merasa waktu cepat sekali berjalan hingga tak kerasa lusa sudah mulai UTS? Bila iya, maka kamu perlu mengatur waktu lebih baik lagi. Kita semua memiliki 24 jam sehari namun kenapa prestasi setiap orang berbeda? Karena manajemen waktu setiap orang berbeda.Yuk, atur waktu agar menjadi lebih prestasi.Karena Hidup untuk belajar dan berbagi , disini saya ingin berbagi Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa. Tapi sebelumnya kita baca dulu pengertian manajemen waktu itu sendiri apa.

Pengertian Manajemen waktu adalah perencanaan,pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.Waktu menjadi salah satu sumber daya untuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan manajemen waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan efisien tidak lain mengandung dua makna, yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada.

Tips Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa:



  • Tetapkan tujuan dan target

Buat target dari skala besar hingga skala kecil dari mulai target tahunan, bulanan hingga harian. Apa target tahun ini? Meningkatkan IP? Meraih nilai TOEFL 600? Menjadi mahasiswa berprestasi? Apa pun tujuan dan target dalam hidup kamu, yang terpenting jangan pernah karena ikut-ikutan teman atau orang lain. Tujuan ini dibuat agar kamu selalu tertantang melakukan lebih hingga menjadi orang yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

  • Catat jadwal kegiatan

Apakah kamu memiliki agenda harian yang berisi catatan jadwal kegiatan? Bila belum, ini saatnya kamu mulai mencatat jadwal akademis dari mulai tugas makalah, kuis, presentasi maupun non-akademis seperti aktivitas sosial, rapat organisasi, dam workshop. Dengan mulai mebiasakan diri mencatat kegiatan harian, kamu akan menjadi tertib dan terorganisir.

  • Tentukan skala prioritas

Kamu bisa mulai menetapkan skala prioritas di setiap rencana kegiatan dari nomor 1 yang penting dan mendesak hingga nomor 4 yang tidak penting dan tidak mendesak. Selalu utamakan yang utama. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu menjadi lebih tegas dan produktif mengatur waktu

  • Alokasikan waktu

Berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk tidur, belajar, dan bermain dalam sehari? Alokasikan waktu sesuai kebutuhan diri kamu. Jangan ‘mencuri’ jatah waktu tidur normal demi belajar ngebut semalam karena hal ini justru menurunkan daya konsentrasi dan kesehatan menurun.

  • Evaluasi

Selalu lakukan evaluasi pada pagi atas apa yang akan kamu lakukan pada hari itu dan pada malam hari atas apa yang telah kamu lakukan seharian sehingga kamu dapat menilai jadwal yang dibuat cukup realistis dan kamu pun menjadi lebih produktif.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum, manfaatkan waktu menunggu angkot, bus dan kereta dengan selalu membawa catatan kecil untuk mempelajari ulang bahan kuliah. Jangan sampai waktu kamu hanya habis bengong lantang-luntung bahkan bete menunggu. Tapi bukan berati sebagai mahasiswa kamu harus belajar setiap waktu lho. Selalu luangkan waktu dengan refreshing, jalan-jalan bersama keluarga atau sahabat agar kehidupan kita seimbang. Yang penting selalu ingat, atur waktu jangan mau diatur waktu.


sumber: http://indonesianstudentjob.com/2012/05/tips-manajemen-waktu-bagi-mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar